Uncategorized

Bahan-bahan dan cara untuk membuat kue nastar rumahan

February 24, 2020

5 Fakta dan Asal-usul Kue Nastar, Kudapan Khas Lebaran

Siapa sih disini yang tidak tahu dengan kue nastar, kue yang selalu ada saat acara-acara kumpul keluarga seperti saat idul fitri, natal bahkan ulang tahun tiongkok pun nastar selau ada. Nastar ini memang memiliki rasa yang sangat enak dan khas. Kue yang lembut dan manis kemudian saat digigit akan terasa asam manisnya selai nanas. Untuk kaian yang ingin kue nastar, kalian tidak perlu membeinya! Bagaimana kalau kalian mencoba membuat kue nastar sendiri dirumah? Pastinya seru banget! Disini kami akan memberikan ulasan tentang cara membuat nastar yang enak dan pastinya mudah untuk diikuti dirumah. Yuk kita lihat bahan dan cara membuatnya!

  1. Adonan kue :
  • 220g (dua batang atau satu cangkir) mentega tawar (unsalted butter)
  • 375g (2 1/2 gelas) tepung terigu
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 kuning telur
  • 50 g (6 sendok makan) gula
  • 2 sendok makan tepung jagung
  1. Olesan telur
  • 1 kuning telur
  • 1 sendok teh susu kental manis (opsional)
  • 1 sendok teh cuka (untuk menghindari bau telur)
  1. Bahan selai nanas:

Buah nanas

  • 250 g buah nanas nanas (1 buah nanas ukuran sedang dikupas dan buang biji)
  • 1/2 hingga 3/4 gelas gula (atau secukupnya)
  • 1 sendok makan jus lemon
  • 5 kayu manis (opsional tetapi sangat dianjurkan)

Cara membuat selai nanas

Pertama-tama nanas di parut sampai terbentuk pasta, kemudian masukan nanas parut dan cengkeh ke dalam panci dan aduk di atas api sedang sampai sebagian besar cairan menguap, dan nanas mengental. Tambahkan gula dan jus lemon dan terus aduk terus sampai isinya berwarna keemasan, tebal dan lengket. Cicipi,  apakah isiannya sudah manis atau belum. Tambahkan lebih banyak gula jika perlu. Selanjutnya Matikan api dan biarkan nanas dingin dalam suhu kamar kemudian letakkan di lemari es selama 30 menit, isian nanas ini bisa kalian simpan bahkan sampai 1 minggu

cara membuat adonan

Saring semua tepung terigu, tepung jagung, garam dan gula icing ke dalam mangkuk sedang. Dalam mixer stand kalian atau dalam mangkuk, kocok mentega sampai mengembang dan halus. Tambahkan kuning telur dan kocok lagi sampai tercampur dengan baik. Perlahan tambahkan campuran tepung sampai kalian mendapatkan adonan yang tidak menempel di tangan kalian. Jika adonan masih lengket setelah menambahkan semua tepung, tambahkan tepung lagi sedikit demi sedikit (satu sendok makan pada satu waktu) dan jika terlalu banyak tepung tambahkan lebih banyak mentega sedikti demi sedikit (lagi satu sendok makan pada satu waktu)

Cara membuat nastar

Bagilah adonan menjadi 45 potong dan gulung menjadi satu bola. Tempatkan bola di telapak tangan kalian kemudian gunakan jari telunjuk kalian untuk membuat rongga memanjang di tengah setiap bola adonan. Putar bola sambil menekan jari kalian ke dinding rongga untuk membuat dinding lebih tipis dan lebih rata. Tambahkan setengah sendok teh selai nanas ke dalam setiap rongga lalu cubit dan masukkan ke dalam gulungan kecil. Letakkan di atas loyang berlapis kertas roti Gunakan bagian belakang pisau untuk membuat pola silang di atas adonan agar adonan memiliki variaasi, tidak dilakukan juga tidak apa-apa, olesi adonan dengan olesan telur. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan pada suhu 350F / 180ºC selama 10 hingga 13 menit atau sampai bagian dasarnya berwarna cokelat keemasan, olesi lagi olesan telur, dan masukan lagi selama 10 menit.

No Comments

Leave a Reply