Uncategorized

Cara Mudah Membuat Kartu Kuning Untuk Syarat Mencari Kerja

December 13, 2019

Cara Membuat Kartu Kuning Pencari Kerja

Pernah diminta melampirkan kartu kuning sebagai salah syarat saat kamu melamar pekerjaan? Apa sih kartu kuning itu? Kartu kuning adalah sebuah Kartu Tanda Pencari Kerja yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) masing-masing Kabupaten atau Kota. Kenapa kartu kuning ini di sebut sebagai kartu kuning, karena kartu tanda pencari kerja ini memiliki warna kuning. Tujuan dibuatnya kartu ini adalah sebagai bukti diri bahwa seorang pencari kerja bisa melakukan pelamaran kerja di suatu instansi atau perusahaan yang ada di  negara Indonesia. Biasanya kartu kuning ini dibutuhkan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan secara independen, seperti yang sekarang sedang ramai orang mendaftar yaitu pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), melamar ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan perusahaan swasta.

Cara membuat kartu kuning dan persyaratan untuk membuat kartu kuning sangatlah sederhana. Berikut ini dokumen-dokumen yang harus kamu siapkan untuk membuat kartu kuning untuk keperluan di dalam negeri.

  1. Fotocopy kartu tanda penduduk (KTP) atau SIM yang masih aktif
  2. Fotocopy ijasah yang telah dilegalisir
  3. Pasfoto berwarna ukuran 4×3 sebanyak 2 buah. Sebaiknya kamu mencetak cetak foto dengan latar belakang merah karena banyak instansi yang mensyaratkan pasfoto pelamar dengan latar belakang merah
  4. Fotocopy akte kelahiran dan kartu keluarga

Selanjutnya kumpulkan semua dokumen-dokumen yang sudah kamu siapkan ke dalam satu map dan serahkan pada petugas pembuat kartu kuning di dinas tenaga kerja daerah kamu. Pada saat giliran kamu tiba, petugas akan memanggil nama kamu dan menanyakan keperluan pembuatan kartu kuning. Kemudian petugas akan mengisi data pada kartu kuning berdasarkan dokumen yang kamu sertakan. Oleh karena itu pastikan data yang ada pada dokumen kamu sudah benar. Setelah kartu kuning terisi dan pasfoto sudah ditempelkan kamu akan diminta untuk menandatangani kartu kuning tersebut sebelum kartu kuning dicap dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang. Setelah kartu kuning jadi kamu bisa memfotocopy kartu kuning untuk dilegalisir. Untuk kartu kuning yang asli berlaku untuk dua tahun, sedangkan untuk kartu kuning yang sudah dilegalisir hanya berlaku untuk enam bulan saja.

Kartu kuning ini berlaku secara nasional sehingga dokumen tersebut bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai instansi atau lembaga yang ada di seluruh negara Indonesia. Dinas tenaga kerja mengharapkan kamu untuk melapor jika ada perubahan data atau keterangan lainnya atau jika kamu sudah mendapatkan sebuah pekerjaan. Instansi atau perusahaan tempat kamu bekerja pun harus mengembalikan kartu kuning milik kamu ke dinas tenaga kerja saat kamu diterima di perusahaan atau instansi mereka.

Nah jika kamu berniat mencari kerja di luar negeri baik dalam sektor formal atau informal, kamu disarankan untuk membuat kartu kuning luar negeri dengan persyaratan yang harus dipenuhi antara lain sebagai berikut:

  1. Fotcopy kartu keluarga
  2. Fotcopy KTP yang masih berlaku
  3. Fotcopy surat izin bekerja di luar negeri dari orang tua atau suami yang sudah bertanda tangan
  4. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar

Untuk proses yang lain sama seperti membuat kartu kuning dalam negeri. kamu tinggal datang ke dinas tenaga kerja dan menyerahkan dokumen yang diminta. Kartu kuning luar negeri akan keluar dalam format bahasa Inggris. Setelah diterima kamu tinggal memfotocopy kartu kuning untuk dilegalisir.

No Comments

Leave a Reply