Wisata

Wisata Keluarga di Padang? Kunjungi Museum dan Pantai Ini

March 25, 2019

(sumber : padang.go.id)

Tempat wisata keluarga harus mudah dijangkau, aman, dan menawarkan keseruan untuk semua umur. Jika Anda berburu hotel di Padang, ada beberapa destinasi yang berlokasi di pusat kota, sehingga bisa memudahkan perjalanan. Pantai Padang dan Museum Adityawarman adalah dua destinasi yang cocok untuk keluarga, terutama karena lokasinya yang berdekatan.

Budaya Sumatra Barat di Museum Adityawarman

Museum Adityawarman terlihat unik karena arsitekturnya meniru rumah bagonjong ala Minangkabau. Dibangun pada tahun 1974, museum ini merupakan prakarsa pemerintah untuk melestarikan budaya Minangkabau. Nama Adityawarman diambil dari salah satu raja Minangkabau yang merupakan keturunan Majapahit.

Museum Adityawarman berlokasi di Jalan Diponegoro, Kecamatan Padang Barat. Desain uniknya terlihat menonjol dengan tujuh “tonjolan tanduk” di atapnya. Bagian dinding dan penyangganya terdiri dari ukiran dan lukisan dengan warna-warni indah. Terdapat jalur kuning yang melintasi taman dan menyambung ke arah tangga.

Walau bagian luarnya bergaya tradisional, interior museum ini cukup modern. Pengunjung bisa melihat artefak atau replika benda-benda adat seperti mahkota, senjata, kain adat, hingga perhiasan. Ada juga berbagai perlengkapan rumah tangga zaman dulu, alat musik tradisional, produk keramik, serta replika makanan khas Sumatra Barat.

Dengan interior modern, eksterior indah, dan lebih dari 6.000 benda koleksi yang menarik, museum ini cocok dijadikan tujuan wisata yang mendidik bagi keluarga.

Pantai Padang sebagai Tempat Santai Keluarga

Puas mengunjungi museum, Anda bisa langsung menuju ke Pantai Padang. Berada di kawasan antara LP Muaro dan Taman Muaro Lasak, garis Pantai Padang populer di kalangan penduduk lokal sebagai tempat memandang matahari terbenam. Pantai ini berpasir cokelat, dan terbagi ke dalam sekat-sekat oleh gundukan batu penahan ombak.

Pantai Padang cocok untuk keluarga karena mudah dijangkau dan memiliki fasilitas wisata lengkap. Terdapat arena jalan-jalan, penyewaan sepeda dan mobil-mobilan, monumen huruf-huruf yang membentuk kata “Kota Padang”, serta Monumen Merpati Perdamaian. Terdapat sederet kios yang menjual minuman hangat dan es, jagung bakar, hidangan laut, lontong, rujak, sate, dan gorengan.

Pantai yang baru dibenahi oleh pemerintah lokal ini gratis, sehingga Anda sekeluarga bisa memanfaatkannya untuk santai sejenak. Anda bisa melihat matahari terbenam, atau datang pagi-pagi untuk melihat nelayan yang sibuk menghela jaring. Sajian ikan yang dijual di pinggir pantai bahannya berasal dari nelayan setempat ini, sehingga rasanya lebih segar.

Tips Mengunjungi Museum dan Pantai Padang

Datanglah ke museum setelah jam makan siang, agar Anda sekeluarga punya energi untuk berkeliling. Setelah itu, Anda bisa langsung ke pantai untuk bermain sambil menunggu matahari terbenam. Hal ini cocok untuk menghindari cuaca yang terlalu panas saat bermain di area pantai. Waspadalah saat turun ke bibir Pantai Padang, karena ombaknya sedikit besar.

Ingin menghemat uang saat berburu akomodasi keluarga? Temukan hotel di Bukittinggi atau Padang lewat aplikasi Airy. Jaringan hotel Airy menawarkan berbagai akomodasi yang aman, dengan fasilitas terjamin. Keluarga Anda bisa menginap dengan nyaman di kamar berkasur bersih, lengkap dengan AC, TV, pancuran air panas, dan Wi-Fi. Anda bisa memilih jenis kamar yang sesuai anggaran, mulai dari tipe wisma hingga hotel bintang 4.

Dapatkan harga paling bersaing saat berburu kamar di Airy, tetapi tanpa biaya kejutan atau pajak tersembunyi. Lakukan pembayaran lewat kartu kredit atau transfer bank. Dapatkan juga promo hotel Airy yang menawarkan berbagai potongan harga secara rutin, agar wisata keluarga ke Sumatra Barat semakin ekonomis.

No Comments

Leave a Reply